Beragam Keunikan Budaya Warnai HUT Kota Surabaya Ke 725

Surabayanews.net

Beragam budaya yang memiliki keunikan banyak ditampilkan dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Surabaya ke-725. Meskipun berganti nama menjadi Surabaya vaganza, namun acara ini tidak kalah meriah dengan acara yang sebelumnya disebut parade bunga dan Budaya. sebanyak 83 peserta ikut memeriahkan gelaran ini dan ada yang berasal dari luar negeri.
Menurut Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kota Surabaya, Hidayat Syah mengatakan bahwa acara tersebut akan dimeriahkan oleh sekitar 41 peserta mobil hias, 42 peserta pawai budaya dan drumben, yang menurutnya tak hanya dari wilayah Surabaya.
“Mobil hias dan Drumben yang akan menjadi hiburan acara ini. Bahkan, peserta yang datang dalam acara ini berasal dari berbagai daerah yaitu, Nias, Bali, Lampung, Sulawesi NTT, dan Komjen Jepang,” katanya.
Parade ini dilepas langsung oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini dari jalan pahlawan, kemudian iring-iringan peserta akan finish hingga Taman Bungkul. Mulai dari jalan urip Sumoharjo hingga jalan Darmo dipadati oleh pengunjung yang melihat dari sisi jalan, di situ juga ada petugas yang menjaga setiap areal tepi jalan.Banyak pengunjung yang sudah tiba di jalur parade sejak pukul 06:00, salah satunya adalah Puspa, warga Kali Bokor Surabaya salah satu pengunjung yang rela datang pagi demi melihat meriahnya Surabaya Vaganza ini, “Dalam Acara kali ini sangat meriah parade budaya dan pesertanya sangat unik dan karena ada juga peserta yang berasal dari luar negeri seperti India,” ujar Puspa.
Acara sparkling Surabaya juga dihadiri langsung oleh UNICEF dalam rangka forum kota layak anak yang juga diselenggarakan di Surabaya.