Dua Mahasiswa Tuban Ditangkap Polisi Setelah Menjambret

surabayanews.net

Dua mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Tuban berhasil diringkus polisi dan harus mendekam di sel tahanan Mapolres Tuban setelah aksinya sebagai Jambret jalanan berhasil dibongkar oleh petugas Sat Reskrim Polres Tuban,Selasa (7/6/2016).Dua mahasiswa yang ditangkap polisi itu masing-masing berinisial EYP (24), mahasiswa asal Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Tuban. Dan DI (21), seorang mahasiswa asal Desa Sidokumpul, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban.

Penangkapan terhadap dua mahasiswa tersebut berawal saat keduanya telah melakukan aksi penjambretan tas korbannya di jalan Letda Sucipto, Kota Tuban beberapa hari lalu. Korban yang melaporkan kejadian itu langsung melakukan penyelidikan untuk pengungkapan.

“Dengan adanya laporan dari korban anggota langsung melakukan penyelidikan. Dari beberapa petunjuk kemudian pelaku kita tangkap di rumah masih-masing,” terang Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Fadly Samad, Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Tuban.

Dalam melakukan aksinya, dua mahasiswa tersebut terlebih dahulu membuntuti korbannya mulai dari jalan Pahlawan, Kota Tuban. Selanjutnya saat sampai di jalan yang sepi dan korban lenggah, pelaku langsung mepet korban dan kemudian merampas tas milik korbannya.

“Pelaku DI ini sebagai eksekutor yang menarik tas korban. Sedang EYP yang mengendarai sepeda motor. Sebelum beraksi terlebih dahulu mereka merencanakan aksinya di jalan Pahalawan,” sambung Kapolres Tuban.

Pertama kali petugas menangkap pelaku EYP di rumahnya yang ada di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Tuban itu dan kemudian baru menangkap DI. Dari rumah EYP petugas menemukan barang bukti barang-barang milik korban serta bekas tas yang telah dibakar oleh pelaku.

“Ada beberapa barang bukti yang kita amankan dari pelaku ini, seperti HP BlackBerry milik korban, uang tunai Rp 500 ribu sisa yang telah dibagi berdua. Selain itu, untuk mengelabuhi petugas, pelaku membakar tas dan juga identitas dari korban yang berhasil dijambret,” ungkapnya.

Kini kedua mahasiswa perguruan tinggi di Tuban itu sudah ditahan di Polres Tuban untuk melakukan dilakukan proses hukum lebih lanjut. Dari hasil pemeriksaan sementara, EYP dan DI telah dua kali melakukan aksi penjambretan di wilayah Kota Tuban.net