Gubernur Jatim Lepas Pemberangkatan Jamaah Haji Kloter Pertama

Surabayanews.net

Pelepasan keberangkatan jamaah calon haji kelompok terbang pertama, Selasa (9/8) siang dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Total jamaah yang diberangkat di kloter pertama ini berjumlah 440 orang.

Jumlah tersebut berkurang sebanyak 5 orang, dikarenakan 1 orang meninggal dunia dan dua lainnya gagal berangkat karena sakit. Namun 2 orang JCH yang sakit tersebut negatif miningitis dan herpes.

Didampingi pasangan masing-masing, kedua JCH tersebut terpaksa berangkat mengikuti kloter selanjutnya, sembari menunggu proses pemulihan.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengharapkan kepada para jamaah calon haji untuk sabar dan menjaga kesehatan saat menjalankan rukun Islam ke lima ini.

“Prinsip dasarnya dari diri sendiri. Emosional itu menghabiskan energi, maka sabar, banyak syukurnya,” ungkap Soekarwo disela-sela pemberangkatan kloter pertama embarkasi Surabaya, Selasa (9/8) siang.

Pria yang akrab disapa Pakdhe Karwo ini memberikan apresiasi terkait pelaksanaan haji tahun ini, yang dinilai relatif lebih baik jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pihaknya juga menyingung masalah barang bawaan jamaah calon haji.

“Tiap tahun dievaluasi lebih bagus, dan fasilitas untuk angkutan dari pemerintah Saudi lebih baik, hampir semua tercover,” terangnya.

Sementara itu Kanwil Kemenag Jatim Machfud Sodar menambahkan, untuk pemberangkatan haji pada tahun ini tidak ada kendala yang berarti. Meski ada jamaah calon haji kloter pertama yang membawa barang bawaan dilarang seperti cobek, pisau, gunting maupun paku, namun semua itu dapat terdeteksi.

“Relatif baik tahun ini, termasuk masalah visa tidak ada kendala,” ujarnya.

Total jamaah calon haji dari embarkasi Surabaya sebanyak 28.356. Sementara Jawa Timur 27.323 jamaah, Bali 512 orang, dan Nusa Tenggara Timur sebanyak 521 jamaah calon haji.net