PRANCIS TAKLUKKAN RUMANIA DI LAGA PIALA EROPA

Surabayanews.net

Sempat tampil grogi di awal babak pertama, Perancis akhirnya mampu meraih poin penuh di laga pembuka Piala Eropa 2016 melawan Rumania di Stade de France Saint Denis dari grup A, Sabtu (11/6/2016) dini hari. Tim Ayam Jago itu menang dengan skor 2-1. Kemenangan Les Blues dipastikan berkat gol Payet di menit 89.

Jalannya pertandingan:

Di menit awal, Rumania langsung tampil menekan. Bahkan, pada menit ke- 4, gawang tuan rumah nyaris kebobolan jika saja sontekan Chiriches tidak tepat mengenai tubuh penjaga gawang Perancis, Lloris.

Tidak berselang lama, giliran Griezmann mengancam gawang Rumania. Namun sayangnya, tandukan pemain Atletico Madrid itu masih membentur mistar di menit 14.

Memasuki menit ke-20, Perancis yang mulai keluar dari tekanan. Beberapa peluang sempat tercipta dari anak-anak Les Blues meski masih jauh dari harapan.

Menit ke-36, Griezmann kembali membuat peluang. Tapi sayang, tendangannya masih bisa diblok hingga berubah arah ke samping kiri gawang.

Hingga turun minum, Pogba dan kawan-kawan membalikkan tekanan. Beberapa kali serangan Giroud dan Griezmann membahayakan. Tapi sampai wasit meniup peluit panjang tanda babak pertama kelar, tidak satu pun gol tercipta di laga ini.

Memasuki babak kedua, Rumania kembali menggebrak. Tendangan voli Stancu, masih menyamping dari gawang Lloris. Adu serangan mulai dilancarkan kedua tim. Hasilnya, kesebelasan kerap menciptakan peluang.

Salah satunya tendangan keras Paul Pogba di menit ke 57. Dari luar kota penalti, umpan dari Griezmann disambut gelandang Juventus itu tanpa menyentuh tanah dengan keras. Sayangnya, arah bola masih tepat di penjaga gawang sehingga gagal membuahkan gol.

Perancis yang menerima tendangan penjuru, langsung memanfaatkan kesempatan itu. Alhasil, berkat umpan matang Payet, Giroud yang berada di depan gawang, mampu meneruskan bola untuk bersarang. Striker Arsenal itu pun mencatatkan namanya di papan skor. Pasca gol itu, pasukan Didier Deschamps makin gencar menyerang.

Tertinggal 0-1, kubu Rumania tidak tinggal diam. Melalui serangan balik cepat, Stanciu memberi harapan. Akselerasinya di kotak enam belas, membuat Patrik Evra harus melakukan pelanggaran. Tak ayal, wasit langsung menunjuk titik putih. Stancu yang menjadi algojo, tidak membuang percuma. Gol, kedudukan pun berubah menjadi imbang 1-1 sejak menit 65.

Melihat kejadian ini, Deschamps sedikit mengubah strategi. Griezman ditarik keluar digantikan Coman menit 66. Begitu juga kubu lawan, sang pemberi harapan, Stanciu diganti Chipciu menit 72. Pertarungan makin sengit. Tidak jarang benturan antar pemain terlihat di babak kedua ini.

Untuk menambah daya gedor, Deschamp memasukkan Martial di menit 77 dan menarik Paul Pogba keluar. Belum lama masuk, Martial langsung mampu mengancam gawang Rumania. Tendangan pemain Manchester United itu masih bisa ditepis penjaga gawang.

Tidak ingin kehilangan kesempatan, Rumania juga menambah serangan. Popa ditarik keluar digantikan Torje menit 82.

Setelah beberapa kali serangan mengalami kebuntuan, akhirnya yang ditunggu-tunggu publik Perancis datang di saat injury time. Tendangan keras Payet dari luar kotak penalti, menembus jala Rumania menit 89.

Di sisa waktu tambahan tiga menit, Rumania yang tertinggal langsung mengepung benteng Les Blues. Bahkan, sang pengubah kedudukan, Payet sempat ditarik keluar digantikan Sissoko untuk membunuh waktu tambahan. Dan hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir, Si Ayam Jago tetap unggul 2-1. [kun]

Perancis 2 (Giroud ‘ 57, Payet ’89)
Rumania 1 (Stancu ’65)

Prancis: 1- Lloris(GK) (C), 3- Evra, 4-Rami, 5-Kanté, 7 -Griezmann/20-Coman, 8-Payet/18-Sissoko, 9-Giroud, 14-Matuidi, 15-Pogba/11-Martial, 19-Sagna, 21-Koscielny

Pelatih: Didier Deschamps

Rumania: 12-Tatarusanu (GK), 3-Rat, 5-Hoban, 6-Chiriches (C), 8-Pintilii, 10-Stanciu/7-Chipciu, 14-Andone/9-Alibec, 19-Stancu, 20-Popa/11-Torje, 21-Grigore, 22-Sapunaru

Pelatih: Anghel Iordanescu